Makanan Pantangan Sakit Gigi yang Harus Dihindari

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, gigi berlubang adalah masalah gigi yang paling umum dihadapi khususnya pada anak dan remaja berusia 6 hingga 19 tahun.

Jika dibiarkan dalam waktu lama kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi berupa rasa sakit, gangguan mengunyah, hingga abses gigi.

Selain itu, plak yang mengeras dan membentuk karang gigi akan dapat menyebabkan gingivitis, bentuk awal penyakit gusi. Untuk mencegah tumpukan plak dan masalah gigi lainnya memburuk, selain rutin membersihkan gigi dan mulut, sebaiknya Anda juga menghindari makanan pantangan sakit gigi.

Makanan pantangan sakit gigi

Setidaknya ada 10 jenis makanan pantangan sakit gigi yang sebaiknya dihindari agar kondisinya tidak memburuk, termasuk:

1. Roti

Roti kerap menjadi pilihan sarapan atau bekal makan siang yang praktis dan mudah dikonsumsi. Tapi jika Anda sudah memiliki masalah gigi, maka konsumsi roti sebaiknya dikurangi.

Roti dimasukkan ke dalam makanan pantangan sakit gigi karena saat Anda mengonsumsinya, maka air liur akan memecah pati pada roti menjadi gula. Setelah dikunyah, roti akan berubah seperti pasta yang mudah lengket dan menempel di sel-sela gigi. Ini membuat roti dapat menempel dalam waktu yang lama dan sulit dibersihkan sehingga menyebabkan gigi berlubang yang nantinya akan memicu sakit gigi.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih sumber karbohidrat yang tidak sehalus roti biasa, seperti misalnya roti yang terbuat dari gandum utuh. Selain mengandung lebih sedikit gula tambahan, gandum utuh juga tidak mudah dipecah dan tidak selengket karbohidrat lainnya.

2. Buah sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, grapefruit dan lain sebagainya merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik. Sayangnya, buah ini harus masuk ke dalam pantangan sakit gigi, terutama untuk orang yang kerap mengalami masalah gigi.

Di samping nutrisi yang lengkap, buah sitrus juga tinggi kandungan asam yang dapat mengikis lapisan terluar gigi yang disebut enamel. Membiarkan asam menempel lama di gigi dapat membuat gigi menjadi lebih mudah berlubang.

Jika Anda ingin mengonsumsi buah sitrus, sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedang dan jangan lupa untuk segera berkumur setelahnya agar asam tidak mengendap pada permukaan gigi.

3. Tomat

Buah lainnya yang juga kaya nutrisi tetapi merupakan makanan pantangan sakit gigi adalah tomat. Sama halnya dengan jeruk yang mengandung vitamin C tinggi, asam pada tomat juga dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan mudah rusak.

4. Es batu

Es batu adalah makanan pantangan sakit gigi yang harus dihindari karena akan memperparah kondisi, terutama bagi Anda pemilik gigi sensitif.

Es batu merupakan benda keras yang tidak saja dapat merusak enamel tetapi mungkin juga menyebabkan gigi rusak, retak dan patah. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman dingin, sebaiknya dinginkan di dalam lemari es, serta gunakan sedotan agar air dingin bersentuhan seminimal mungkin dengan permukaan gigi Anda. Hindari kebiasaan menggigit dan mengunyah es batu.

5. Popcorn

Camilan yang satu ini biasanya jadi pilihan pertama untuk bersantai sambil menonton. Tetapi, popcorn ternyata menyimpan sejumlah bahaya yang membuatnya masuk ke dalam daftar pantangan sakit gigi.

Popcorn dapat lengket di gigi, dan kulitnya juga dapat tersangkut di bawah gusi hingga memicu iritasi. Tidak hanya itu saja, jagung pada popcorn juga berpotensi menyebabkan gigi terkikis dan retak.

6. Sereal

Banyak jenis sereal mengandung nutrisi tinggi dan menyehatkan tubuh. Tetapi, jika Anda memiliki gigi sensitif atau berlubang, mungkin harus melewatkan makanan yang satu ini.

Pasalnya, banyak juga sereal yang diberikan gula tambahan. Belum lagi, kebanyakan sereal merupakan karbohidrat sederhana yang akan mudah menempel di gigi seperti roti.

7. Acar dan asinan

Acar dan asinan, serta makanan lain yang mengandung cuka juga merupakan pantangan sakit gigi. Kandungan asam pada cuka dapat merusak permukaan gigi sehingga membuatnya lebih sensitif dan mudah rusak.

8. Permen

Permen asam, permen lengket, atau permen keras, sudah diketahui sebagai makanan perusak gigi. Tak hanya itu, camilan manis ini juga merupakan makanan pantangan yang harus dihindari saat Anda sedang sakit gigi. Permen memiliki kadar gula tinggi yang dapat meningkatkan risiko sakit gigi.

Permen yang lengket saat digigit bisa menempel pada gigi dalam waktu yang lama dan merangsang saraf gigi. Ini bisa menyebabkan sakit gigi semakin parah, apalagi jika kondisi ini disertai dengan kondisi gigi sensitif. Sementara mengonsumsi permen yang keras dapat menyebabkan gigi terkikis bahkan patah saat digigit.

9. Buah kering

Terlepas dari kandungan nutrisinya, buah-buahan kering seperti kismis, kurma, buah tin dan prune merupakan makanan yang lengket, sehingga membuatnya menjadi pantangan sakit gigi.

Makanan lengket dapat merusak gigi karena cenderung menempel lebih lama di gigi dibandingkan jenis makanan lainnya. Jika Anda sering makan buah-buahan kering pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah terbatas, dan segera membersihkan gigi dan mulut Anda setelahnya.

10. Alkohol dan soda

Pantangan sakit gigi selanjutnya adalah alkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan mulut kering. Jika Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol, maka seiring waktu aliran air liur dapat berkurang.

Kondisi mulut kering akan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan infeksi mulut lain seperti misalnya penyakit gusi.

Terlebih lagi, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Selain alkohol, konsumsi soda juga dapat merusak gigi sebab soda memiliki kandungan gula dan asam yang dapat mengiritasi saraf gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.