Pengembalian Barang Ke Seller Promedis.id


Promedis.id saat ini menyediakan cara komunikasi proses klaim pengembalian barang melalui sistem tiket layanan di dasbor pelanggan dan bagi seller komunikasi per telepon/whatsApp/Telegram/Line/email ke admin kami.
Promedis.id sebagai penyedia platform market place bagi pelanggan dan seller maka semua pengembalian barang harus dilakukan sebagai kesepakatan antara seller dan pelanggan. 
Untuk mengurangi asal klaim pengembalian barang oleh pelanggan dan penjualan barang oleh seller harus mencantumkan status informasi ada garansi atau tidak ada garansi seller serta barang bisa dikembalikan atau tidak bisa dikembalikan. Pihak pelanggan harus secara jeli meneliti informasi produk/jasa yang telah kami buat secara terstandar dan detil sehingga mengurangi asal klaim dari pihak seller.
Sebagai acuan bagi pelanggan  Apabila barang yang diterima oleh pelanggan dalam kondisi tidak baik dan atau tidak sesuai, komplain hanya dapat dilayani 1x24 jam setelah barang diterima dengan melampirkan bukti berupa foto barang sebelum dibuka kemasannya dan setelah dibuka kemasannya. Lewat dari 1x24 jam maka komplain tidak bisa dilayani oleh  Promedis.id.  Jika ingin tetap melakukan klaim maka pelanggan bisa melakukan komunikasi ke seller dengan melalui telepon atau sarana komunikasi sesuai dengan informasi di HALAMAN SELLER .
Apabila terjadi kesepakatan antara seller dan pelanggan maka pihak pelanggan wajib menulis tiket layanan di halaman dasbor pelanggan dengan mencantumkan "perihal : kesepakatan pengembalian barang" dan menuliskan secara lengkap dan jelas hasil kesepakatan dengan pihak seller.  Pihak seller wajib menginformasikan hal ini kepada admin Promedis.id melalui telepon/whatsapp/telegram/line/email ke admin kami. Promedis.id akan menjembatani proses pengembalian barang ini dengan para pihak.
Jika kesepakatan pengembalian telah disetujui seller maka proses pengembalian barang dilakukan dengan langsung ke pihak seller dan semua biaya terkait proses ini bukan menjadi tanggungjawab seller. 
Setelah proses pengembalian barang selesai maka Pihak seller wajib menginformasikan hal ini kepada admin Promedis.id melalui telepon/whatsapp/telegram/line/email ke admin kami. Proses pengembalian dana akan dilakukan admin ke seller dan biaya terkait proses ini menjadi tanggungjawab seller atau pelanggan sesuai dengan kesepakatan yang terjadi. Proses memerlukan 10 hari kerja untuk proses pengembalian jika admin belum menerima dari pihak payment gateway, jika telah menerima pembayaran dari pihak payment gateway maka pengembalian dana  memerlukan waktu 4 hari kerja untuk proses verifikasi dan lain-lain.
Semua biaya terkait proses pengembalian dana ini akan menjadi tanggung jawab pembeli dan seller, dimana hal ini akan diinformasikan terlebih dahulu. Biaya-biaya ini antara lain biaya ongkos kirim dan biaya administrasi fee pembayaran melalui payment gateway serta biaya administrasi transfer antar bank jika terjad.
Promedis.id menyarankan agar proses pembelian dan pengirimkan barang  dilakukan secara cermat dan hati-hati untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam proses transaksi di Promedis.id